Membuat website harus menggunakan prinsip SEO agar dapat terlihat dan mendapatkan peringkat di mesin pencari. Dengan begitu, pengguna bisa menemukan, mengakses, dan membeli produk Anda. Lantas, sudahkah Anda tahu cara membuat website SEO friendly untuk perusahaan?
Website perusahaan yang dikembangkan dengan prinsip SEO merupakan strategi B2B SEO. Sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui apa itu B2B SEO atau apa perbedaannya dengan B2C SEO?
Dikutip dari Backlinko, B2B (Business to Business) SEO adalah strategi digital marketing yang bertujuan untuk meningkatkan trafik dan peringkat website di mesin pencarian dengan menyasar keyword spesifik.
Perbedaan paling mencolok antara B2B SEO dan B2C SEO adalah target audiens. Secara sederhana Perusahaan B2C menjual produk ke customer pada umumnya. Sementara, B2B menjual produk atau jasanya kepada pebisnis lainnya.
Pahami tips membuat website SEO friendly untuk perusahaan lewat strategi B2B SEO berikut ini.
1. Ciptakan Buyer Persona
Langkah pertama dalam mengembangkan bisnis adalah membuat buyer persona atau mengetahui siapa target audiensnya. Hal ini juga berlaku dalam strategi B2B SEO.
Membuat buyer persona dalam B2B akan lebih kompleks mengingat targetnya bukan orang, melainkan bisnis. Tepatnya, para pengambil keputusan di balik perusahaan, sebagaimana dikutip dari Backlinko.
Karena itu, penting untuk mengetahui siapa di balik bisnis yang Anda sasar. Semakin Anda mengenal dan memahami permasalahan, kebutuhan, serta kebiasaan target audiens, semakin mudah Anda dalam membuat konten yang relevan dan efektif untuk para pengambil keputusan ini.
2. Memahami Sales Funnel
Penting bagi Anda untuk memahami sales funnel atau saluran penjualan yang merupakan tahapan atau proses customer membeli produk.
Tanpa paham sales funnel, Anda tidak bisa mengoptimalkan bisnis. Untuk itu, Anda perlu mempelajari tahapan penjualan sebelum merencanakan dan mengeksekusi konten.
Mengutip Semrush, berikut tiga hal yang perlu dilakukan untuk memahami sales funnel bisnis Anda:
- Luangkan waktu untuk berdiskusi dengan tim sales mengenai proses pembelian hingga touchpoint tertinggi
- Pelajari sales dan analisis data untuk menentukan bagaimana pembeli menemukan bisnis Anda
- Pahami customer value, waktu rata-rata retensi dan rata-tata pelanggan melakukan pembelian, serta alasan mengapa konsumen tidak melakukan pembelian
3. Riset Keyword
Riset keyword dibutuhkan dalam membuat konten yang sesuai menjawab kebutuhan target audiens. Upaya ini juga memegang punya peran penting agar website Anda mendapatkan peringkat di mesin pencari.
Untuk mendapatkan keyword yang tepat, Anda perlu mencari search query yang paling mungkin digunakan oleh target audiens Anda.
Berpacu pada karakteristik B2B SEO, Anda perlu menggunakan kata kunci bervolume pencarian rendah atau long tail keyword karena bersifat spesifik. Penjelasan lengkap mengenai long tail keyword dan bagaimana menemukannya telah kami bahas dalam postingan sebelumnya.
4. Gunakan Topic Cluster
Kembangkan website Anda menggunakan strategi keyword berbasis topic cluster atau sekumpulan konten satu topik yang saling terhubung satu sama lain.
Untuk lebih jelasnya, mari simak tiga komponen topic cluster berikut:
- Konten pilar: inti cluster atau ide besar dari sebuah topik yang mencakup semua aspek-aspeknya
- Konten cluster: konten berisi kata kunci spesifik yang terhubung dengan konten pilar. Membahas secara mendalam setiap aspek di konten pilar
- Internal Linking: penghubung antara konten pilar dan konten cluster
Menurut Semrush, topic cluster membantu menjaga konten tetap terorganisir, memudahkan Anda menunjukkan keahlian dan pengetahuan tentang suatu topik, hingga memungkinkan Anda untuk menghindari kanibalisme kata kunci.
5. Optimasi Landing Pages
Konten-konten yang menarik dan informatif bisa berakhir tidak efektif tanpa adanya optimasi website, khususnya landing pages.
Landing pages adalah halaman dalam website berisi informasi detail hingga promosi produk atau jasa yang akan mendorong pengguna melakukan aksi tertentu seperti membeli produk hingga mengisi formulir data.
Dengan kata lain, landing pages berfungsi untuk mengumpulkan data pengunjung potensial dan memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk hingga melakukan transaksi.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa landing pages punya pengaruh besar dalam B2B SEO. Karenanya, penting bagi Anda untuk membuat landing pages yang menarik dan mengundang rasa penasaran pengunjung website.
Di Zelab, kami menyediakan tools bernama Landing Page Audit Tools yang akan membantu Anda mengoptimalkan landing pages sehingga mampu mengundang lebih banyak pengunjung untuk mengakses produk di website Anda dan melakukan pembelian.
6. Bangun Strategi Konten yang Terukur
Salah satu cara agar website perusahaan Anda SEO friendly adalah dengan membangun strategi konten yang terukur sehingga keberadaan bisnis dan produk dapat sampai ke radar target audiens.
Kembangkan topic cluster dengan konten-konten yang memenuhi standar SEO untuk menjawab pertanyaan target audiens dan memenuhi kebutuhan mereka dengan produk Anda.
7. Backlink Building
Promosikan konten dengan tepat untuk mendapatkan backlink. Dikutip dari Semrush, backlink merupakan kunci sukses SEO karena merupakan satu dari tiga faktor utama mendapatkan peringkat Google.
Pastikan konten Anda mendapatkan backlink berkualitas dari website-website lain di luar sana dengan membuat konten yang informatif dan unik, salah satu cara yang bisa Anda gunakan yaitu menjadi guest post di beberapa website yang menyediakan layanan tersebut, kita pernah membahasnya diartikel Panduan Impelementasi SEO 2022 di poin Backlink building.
Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa Anda perlu memahami dasar-dasar yang memperkuat B2B SEO guna menghasilkan website perusahaan yang memiliki performa bagus serta mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.
Anda tidak hanya perlu berfokus pada isi konten dengan standar SEO namun juga elemen bisnis seperti karakteristik target audience, sales funnel, hingga hal teknis seperti backlink dan landing pages yang menarik. Sudah siap membuat website SEO friendly untuk perusahaan Anda? Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.
One Response