panduan seo, panduan seo lengkap, panduan seo 2022, seo basic

SEO Basic – Panduan Implementasi SEO 2022

Contents

Diupdate tanggal 21 December, 2021
Banyak yang berpikir bahwa SEO merupakan hal yang sekompleks dan sesuah itu. Kenyataannya, SEO itu sederhana, karena kita bisa mempelajari dan mulai mengimplementasikannya di bisnis yang kita miliki.

Search Engine Optimization tidak serumit yang Anda bayangkan, yang Anda butuhkan saat ini hanyalah memahami SEO Fundamental, memahami dasar-dasar dari SEO itu sendiri, jika Anda telah menguasai hal ini, selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan dengan jenis bisnis Anda dan mulai mengimplementasikannya.

Oleh karena itu, di artikel ini mari kita membahas satu demi satu Fundamental Search Engine Optimization

Dasar Search Engine Optimization

Sama seperti bidang ilmu lainnnya, dalam SEO kita juga harus memahami dulu basic dari SEO tersebut, mengapa SEO penting dan seberapa besar dampaknya untuk bisnis Anda dibandingkan metode pemasaran lainnya.

Mengapa SEO itu penting?

Percaya atau tidak, Sebagian besar trafik datangnya berasal dari hasil pencarian organic dari Google, inilah salah satu alasan kuat kenapa SEO itu penting untuk bisnis Anda

Berdasarkan data dari Ahrefs diats, kita bisa menarik kesimpulan, walaupun seluruh sumber trafik digabungkan, hasil pencarian dari Google masih jauh lebih banyak trafik untuk bisnis Anda.

kenapa seo itu penting, panduan seo terbaru, panduan seo 2020

Pada Artikel sebelumnya tentang bagaiamana sebenarnya Search Engine itu bekerja kami telah menjelaskan bagaimana Google dan beberapa mesin pencari lainnya memiliki algoritma tersendiri untuk menentukan page mana saja yang akan diberikan “Ranking” yang akan terkonversi menjadi sebuah trafik organic.

Apa manfaat dari SEO?

Jawaban kita mungkin akan seragam untuk bagian ini, masuk ke page pertama Google dan mendapatkan peringkat teratas. Selain itu apa manfaat dari SEO?

1. SEO memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak trafik
Mendapatkan posisi teratas pada page pertama Google Search Engine memungkinkan page Anda mendapatkan lebih banyak trafik, infographic dibawah ini cukup menjelaskan berapa % kemungkinan Anda mendapatkan trafik jika berada di posis teratas pada page pertama.

2. SEO memberikan trafik konsisten
Selain berpotensi mendapatkan lebih banyak trafik, juga kekonsistenan trafik yang dihasilkan dari SEO. Jika kita bandingkan dengan sumber trafik lainnya seperti social media, email marketing, ataupin Paid Trafik, maka SEO bisa lebih konsisten. Kita ambil social media seperti facebook ataupun twitter, Anda harus melakukan update konsisten untuk tetap mendapatkan trafik dari social media tersebut.

3. SEO memberikan trafik “Gratis”
Anda bisa mendapatkan jutaan trafik dari Facebook ataupun Instagram Ads, Anda juga bisa mendapatkan jutaan trafik dari Google Ads, Youtube Ads, dan beberapa sumber trafik berbayar lainnya. Tapi itu terjadi jika Anda memiliki budget yang jutaan pula, betul?

Bandingkan dengan SEO, budget yang Anda keluarkan mungkin tidak sebesar dari yang kita sebutkan diatas. Kenapa kami mengatakan tidak sebesar dari Ads? Jawabannya ada di poin kedua diatas, SEO memberikan trafik yang cukup konsisten dari waktu ke waktu.

Bagaimana Agar Web Anda Terindex di Google?

Seperti yang kami katakan diatas, SEO memperbesar kemungkinan situs Anda mendapatkan trafik organic lebih banyak jika berada pada page satu Google, tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana kita bisa masuk page satu jika page Anda saja tidak terindex oleh pada mesin pencari?

Ada beberapa cara cukup simple yang bisa Anda lakukan agar Web yang Anda miliki terindex di Google;

Langkah pertama membuat sitemap.xml untuk Web Anda, tujuannya Agar Google Bot dapat membaca seluruh halaman yang ada pada Web Anda untuk deindex kedalam database mereka.

Biasanya, Anda bisa mengakses sitemap Anda dengan cara mengakses :

website.com/sitemap.xml

website.com/sitemap_index.xml

Atau, Anda bisa menanyakan ke developer Anda dimana URL sitemapnya berada, jika Web Anda belum memiliki sitemap, Anda bisa membuatnya melalui plugin seperti Yoast SEO, atau Rankmath, atau beberapa plugin lainnya yang menyediakan fitur diatas (Khusus web berbasis WordPress).

Langkah kedua adalah membuat akun Google Search Console  dan submit sitemap yang ada pada Web Anda.

Bagaimana agar strategi SEO Anda Berhasil?

Ketika web yang Anda miliki sudah terindex di Google, sekarang Anda mulai berpikir, bagaimana caranya supaya bisa masuk page satu Google? Betul, disinilah Search Engine Optimization bekerja, berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan agar strategi SEO yang Anda lakukan bisa berhasil dan membuat Web Anda mendominasi SERP (Search Engine Result Page).

Gunakan nama Domain yang “bagus”

Beberapa diantara kalian mungkin sudah memiliki nama domain sebelumnya, bukan berarti Anda harus membeli domain baru, tenang saja, Anda tetap masih mengoptimal SEO pada Web Anda. Tapi jika Anda baru berencana untuk membuat suatu Web, berikut dua poin yang harus Anda perhatikan:

1. Nama domain

Pertama, beberapa ada yang menyarankan menggunakan keyword di domain Anda, misalnya anda lagi buka usaha Laundry, nama domain yang Anda gunakan tidak perlu laundymurahyogyakarta.com, berikut beberapa tips dalam menentukan nama domain :

  • Gunakan nama brand Anda
  • Hindari penggunaan tanda hubung
  • Usahakan pendek dan mudah diingat

2. Menggunakan TLD

TLD adalah singkatan dari top-level domain. Top-level domain ini beberapa diantaranya seperti .com, .net, .org, .co.id, .id dan masih banyak lainnya. Tipsnya, gunakan TLD sesuai dengan jenis bisnis Anda, misalnya Anda suatu organisasi, bisa menggunakan TLD .org, atau untuk kampus di Indonesia menggunakan ac.id.

Gunakan Penyedia Platform Penyedia Layanan Web

Poin yang perlu digaris bawahi pada penggunaan platform penyedia layanan web ini Adalah keefektifan waktu dan biaya dalam membuat suatu Web, alasan kami menyarankan Anda menggunakan platform yang telah tersedia untuk menghemat biaya dalam pembuatan Web, berbeda jika Anda memiliki budget untuk build web dari 0 hingga live, tidak ada salahnya untuk membuatnya secara menual sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pada dasarnya, ada dua jenis penyedia layanan Web, ada yang self-host, dan ada juga yang hosted platform. Perbedaannya :

  • Self-Hosted
    Memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi sedimikian rupa untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, beberapa diantaranya seperti; wordpress.org, Joomla, Joomla, Drupal, dan masih banyak lainnya.
  • Hosted platform
    Layanan hosted platform bisa kita artikan kebalikan dari self-hosted, pada kebalikanminim kustomisasi, Anda hanya menggunakan template bawaan dari platform tersebut, beberapa contoh hosted-platform yang cukup populerseperti; WordPress.com, Wix, Shopify, Weebly, dan beberapa lainnya.

Setelah mengetahui dua perbedaan Atas, sekarang giliran Anda menentukan akan menggunakan yang mana, tapi, jika Anda meminta saran dari kami, kami akan menyarankan menggunakan Self-Hosted WordPress.org, alasannya kareana banyaknya plugin yang mendukung Langkah Anda dalam mengoptimasi SEO kedepannya.

Gunakan hosting yang “baik”

Jika kita analogikan, Hosting bisa kita artikan Tanah, sedangkan Web Anda adalah Rumah yang berdiri diatas Tanah yang Anda miliki. Hosting yang baik yang bagus struktur tanahnya, tidak mudah longsor, dkk. Kurang lebih analogi yang bisa kita gunakan.

Hosting Anda butuhkan jika Anda memilih Self-Hosted dalam pengembangan Web Anda, jika pada poin sebelumnya Anda memilih menggunakan Hosted Platform Anda sudah tidak membutuhkan yang Namanya Host.

Sekarang, yang jadi pertanyaan, bagaimana sebenarnya hosting yang “baik” ini? Khususnya dalam Segi SEO?

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa dedicated hosting jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan Shared hosting untuk Web Anda, satu sisi itu benar, tapi, sisi lainnya menurut kami itu pemborosan jika Jika web Anda baru saja dibuat dan belum menghasilkan banyak trafik organik. Lantas, bagaiaman hosting yang baik itu? Menurut kami, berikut beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan patokan sebelum memutuskan untuk memilih layanan web hosting.

  • Security, satu hal penting yang kadang dilewatkan oleh beberapa orang adalah sector keamanan, pastikan layanan hosting yang Anda pilih memberikan Anda sertifikat SSL / TLS gratis atau mendukung LetsEncrypt.
  • Lokasi server, sebaiknya lokasi dari server Anda berada dimana bisnis Anda bekerja, jika Web Anda memiliki layanan khusus untuk user di Indonesia, kami sarankan memilih layanan web hosting yang memiliki lokasi server di Indonesia juga.
  • Support, satu poin yang selalu menjadi catatan kami yaitu layanan support 24/7 untuk semua masalah yang berkaitan dengan hosting yang Anda gunakan.

Untuk di Indonesia sendiri, jika Anda meminta saran, layanan web Hosting yang kami gunakan sejauh ini adalah DewaWeb, Anda juga bisa menggunakan layanan dari Dewaweb melalui link berikut (Link Affiliasi), ataupun Provider hosting lain.

User Experience

Google akan memberikan perlaukan khusus untuk Web yang mengedepankan User Experience, hal ini sempat kami bahas di artikel sebelumnya Apa itu SEO, selain itu Google juga menjelaskan di SEO Starter Guide mereka bahwa User Experience menjadi salah satu faktor mereka dalam memberikan “ranking” untuk page page yang telah terindex di Google.

Sekarang, sebagai pemilik bisnis, bagaimana kita bisa memberikan User Experience yang baik kepada pengguna kita? Berikut beberapa yang bisa Anda implementasikan:

  1. Menggunakan HTTPS

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kemaanan menjadi salah satu faktor penting, baik untuk Anda ataupun user Anda, untuk memberikan user experience pastikan web Anda telah menggunakan HTTPS untuk meyakinkan user bahwa data pribadi mereka aman karena situs Anda telah terinkripsi SSL/TLS.

  • Design yang menarik
    Jangan ragu untuk mengeluarkan budget dibagian ini, pastikan design web Anda menarik untuk calon user Anda.
  • Mobile Friendly
    Google melalui Artikelnya berjudul How Mobile Search Connects Consumers to Stores, saat ini jumlah pengguna search engine lebih banyak menggunakan mobile jika dibandingkan desktop, pastikan web Anda memenuhi syarat ini.
  • Typography
    Sejalan dengan design yang menarik diatas, pastikan pemilihan font untuk web Anda dapat terbaca diseluruh browser dan pastinya konten dalam page Anda readable.
  • Hindari Pop-up berlebihan dan Iklan yang mengganggu
    Beberapa dari kita mungkin menggunakan addon Adblock ditiap browser untuk menghindari Iklan terntentu. Yaa, lahirnya Adblock sebenarnya karena kebanyakan situs memasang iklan yang sifatnya “mengganggu”, hindari hal ini untuk meningkatkan user experience pada web Anda.
  • Load Time
    Untuk poin ini, kami yakin bahwa tidak ada yang suka dengan web yang sangat lambat untuk diakses, pastikan Web Anda memiliki load time yang cukup cepat saat diakses baik itu via mobile ataupun desktop.

Struktur Web dan URL yang Baik

Pastikan Web ayng Anda memiliki struktur yang jelas, hal tersebut dapat diwakilkan dari menu pada Web Anda dan juga internal link dari page sat uke page yang lainnya dalam Web Anda, hal ini selain dapat meningkatkan user experience juga dapat memudahkan Google Bot (Spider) dalam mengindeks halaman halaman baru dalam Web Anda nantinya.

Sedangkan untuk struktur URL yang bagus adalah yang gampang dideteksi dan dibaca oleh Google bot, jika Anda menggunakan platform WordPress.org, berikut beberapa struktur web yang disediakan oleh WordPress :

  • Plain: namadomain.id/?p=123
  • Day and name: namadomain.id/2021/03/04/seo-basics/
  • Month and name: namadomain.id/03/04/seo-basics/
  • Numeric: namadomain.id/865/
  • Post name: namadomain.id/seo-basics/

Kami menyarankan Anda menggunakan strutkur URL Post Name, alasannya karena sturktur URL ini memungkinkan Google Bot dalam melakukan tugasnya mengindex Page yang Anda miliki.

Hindari penggunaan bulan dan tanggal pada URL Anda, terlebih jika konten pada Web Anda kedepannya butuh untuk diupdate, karena hal ini hasilnya irrelevant antar URL dan isi konten Anda.

Install plugin SEO

Jika Anda menggunakan platform WordPress.org, seperti yang kami katakana sebelumnya, ada banyak plugin pendukung untuk mendukung aktifitas SEO pada Web Anda, misalnya Anda bisa menggunakan Yoast SEO ataupun Rankmath, atau WP-Rocket meningkatkan load time Web Anda.

Praktek SEO

Satu hal yang perlu dijadikan catatan, SEO merupakan suatu Journey, mulai dari basic SEO yang kami jelaskan diatas, hingga step Praktek SEO yang kami jelaskan merupakan pondasi yang bisa Anda praktekkan secara “konsisten” untuk mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan kita, sengaja kami berikan tanda petik, karena menurut kami, konsisten merupakan hal tersulit saat dalam Search Engine Optimization

Keyword Research

Keyword research adalah proses penentuan kata kunci atau keyword yang akan Anda gunakan untuk Web Anda. Memastikan bahwa keyword yang akan Anda gunakan memiliki volume search yang bisa menghasilkan trafik organik untuk Web Anda. Berikut beberapa langkah dalam melakukan keyword research.

  1. Penentuan Keyword
    Dalam penentuan keyword atau kata kunci, dapat berangkat dari produk yang Anda miliki, atau seusatu yang overlap dengan product yang Anda miliki.
    Kita ambil contoh jika Anda jualan Kopi, maka kita berangkat dari satu kata tersebut, misalnya Warung Kopi Yogyakarta, Kopi Arabica, dan semacamnya. Untuk mendapatkan lebih banyak keyword yang bisa Anda gunakan, Anda bisa menggunakan tools dari Google suggestion Ketika mengetik keyword Kopi pada kotak pencarian akan muncul suggest beberapa kata yang bisa Anda gunakan.

    Atau, Anda bisa mengguanakn tools seperti Ubersuggest ataupun Ahrefs (berbayar), atau Google Keyword Planner (Free)
  2. Periksa potensional Trafik dari Keyword
    Setelah Anda menentukan Keyword apa yang akan Anda gunakan, saatnya memastikan apakah keyword tersebut dapat menghasilkan trafik atau tidak, akan sangat disayangkan jika keyword yang Anda pilih ternyata tidak memiliki volume search.

    Untuk mengetahui potensional trafik seperti ini Anda bisa menggunakan tools seperti Ubersuggest ataupun Ahrefs. Jika Anda menggunakan Ubersuggest silahkan masukkan kata kunci di menu keyword overview, maka akan muncul search volume dari keyword yang Anda pilih seberapa besar.
  3. Pastikan tingkat kesulitan Keyword
    Setelah kedua poin diatas Anda tentukan, saatnya memastikan bahwa keyword yang Anda pilih yang memiliki volume search sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengoptimasi keyword tersebut.

    Berdasarkan screenshot potensional trafik dari Ubersuggest diatas, terlihat ada 3 indikator tingkat kesulitan suatu keyword, Hard, Medium, Easy. Jika Web Anda masih tergolong baru, kami menyarankan gunakan keyword dengan tingkat kesulitan Medium Easy.

On Page SEO

Secara sederhana On Page SEO adalah mengoptimalkan semaksimal mungkin apa yang Anda miliki dalam Web Anda, seperti jenis konten Anda, struktur web, internal link, dan lainnya. Tujuannya jelas, agar user dan google bot dapat memahami dengan mudah Web Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam SEO On Page.

  1. Search Intent
    Google dengan algoritmanya akan berusaha memberikan hasil pencarian yang paling dibutuhkan untuk penggunanya, hal ini biasa kita sebut sebagai search intent. Sebagai contoh simplenya, jika Anda mengetikkan keyword “Sepatu Adidas”, kurang lebih hasil pencarian yang muncul akan menampilkan product product Adidas, atau beberapa situs e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, ataupun situs e-commerce dari Adidas itu sendiri.

    contoh search intent

    Berbeda jika Anda mencari dengan keyword “Tips merawat Sepatu Adidas” maka hasilnya Sebagian besar adalah jenis blogpost yang memberikan Anda beberapa tips dalam merawat sepatu.

    contoh search intent tips merawat sepatu adidas

    Memastikan jenis konten Anda telah sesuai dengan kebutuhan calon user adalah satu hal yang cukup penting dalam Roadmap SEO pada situs Anda.

  2. Pastikan menggunakan URL/Permalink yang Deskriptif
    Hampir sama seperti penjelasan kami sebelumnya tentang struktur Web dan URL yang baik, pastikan URL yang Anda gunakan menjelaskan tentang apa isi dari konten Anda.

    Kita ambil pemisalan jika Anda menjual sebuah Jilbab Pashmina:
    – Gunakan URL/Permalink direct untuk penjelasan product Anda jika dalam Web Anda tidak memiliki subfolder, seperti /Blog, /Artikel ataupun semacamnya
    https://namadomain.id/jilbab-pashmina-putih
    – Kebalikan dari hal diatas, jika dalam Web Anda menggunakan subfolder untuk Blog, Artikel, ataupun Shop, maka sebaiknya Anda memberikan kategori khusus untuk product-product Anda, misalnya :
    https://namadomain.id/shop/pashmina/hitam

  3. Gunakan judul yang Menarik
    Selain menempatkan keyword pada judul Anda, pastikan dalam pemilihan judul buat semenarik mungkin, tujuannya untuk meningkatkan CTR (Clickthrough Rate) pada hasil pencarian google (Search Engine Result Page). Sebagai contoh untuk blogpost Jilbab Pashmina :
    – 10 Inspirasi OOTD 2021 dengan Jilbab Pashmina ala [nama brand Anda]

Optimalkan gambar

Pastikan artikel atau page Anda memiliki Gambar, tujuannya selain agar page atau artikel Anda tidak membosankan untuk pengunjung Web Anda juga, Gambar juga dapat memberikan trafik organik melalui Google Images. Inilah alasan terkuat kenapa Anda harus mengoptimalkan Gambar yang ada pada page Anda.

Lantas, bagaimana mengoptimalkan Gambar yang ada pada page Anda? Berikut beberapa tips dari kami:

  1. Rename Gambar. Pastikan Anda merubah nama file gambar Anda sebelum menguploadnya, bisanya default dari Gambar berupa IMG_001.jpg dan semacamnya, Anda bisa menggunakan berdasarkan keyword yang Anda targetkan, misalnya pashmina-pink.jpg
  2. Gunakan teks pada alt Image. Banyak dari kita yang masih miss pada poin ini, dan membiarkan atribut “alt” pada Image tetap kosong. Pastikan mengisi atribut “alt” Image Anda, bisa Anda isikan untuk beberapa keyword.
  3. Compress Image. Pastikan untuk mengompress gambar Anda, Anda bisa menggunakan tinypng.com atau WordPress plugin seperti Shortpixel untuk mengompress gambar.

Backlink Building

Backlink secara sederhana bisa kita artikan sebagai link rekomendasi dari beberapa web diluar web Anda yang mengarah ke Web Anda. Lantas bagaiamana agar situs kita mendapatkan backlink berkualitas dari web-web diluar sana? Berikut beberapa cara melakukan Backlink Building yang bisa Anda aplikasikan untuk web Anda.

  • Guestpost
    Sesuai dengan Namanya, Anda menjadi penulis tamu di platform yang menyediakan layanan ini, dari sini Anda bisa menanam link yang menunju ke Web Anda, atau menanam link pada profile page Anda di platform tersebut. Berikut beberapa list web/platform di Indonesia yang menerima Guest Post, pastikan Anda menyesuaikan jenis platform yang Anda pilih sesuai dengan kategori website Anda, agar backlink Anda tetap relevan.
    – GNFI (https://www.goodnewsfromindonesia.id/page/menulis-gnfi)
    – Hipwee (https://www.hipwee.com/redaksi/)
    – Elevenia (https://blog.elevenia.co.id/penulis-tamu/)
    – Mojok.co (https://mojok.co/terminal/ketentuan/)
    – Kumparan (https://kumparan.com/kolaborasi/cara-bikin-akun-dan-posting-story-di-kumparan-1tmsacaMDSn/)
    – Indonesiana (https://www.indonesiana.id/)
    – Brilio (https://creator.brilio.net/)
    – IDN Times (https://community.idntimes.com/login/)
  • Analisis Kompetitor Backlink
    Anda bisa menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam backlink building ini, gunakan tools seperti Ahrefs ataupun Ubersuggest untuk meniru bagaiaman competitor Anda melakukan Backlink Building, Untuk Ubersuggest sendiri, Anda bisa menganalisis Backlink melalui menu Backlink Overview atau Backlink Opportunity.
  • Gabung di Forum
    Gabunglah di forum yang overlap dengan pembahasan dalam bisnis Anda, misalnya Forum Quoara, disana ada beberapa sub kategori yang mungkin sesuai dengan jenis bisnis Anda. Berikan kontribusi atau menjawab pertanyaan dari para member, dari sini Anda bisa memberikan link pada Blogpost Anda.
  • Buat Konten Berkualitas
    Tidak ada yang ragu dengan konten yang berkualitas, dari konten ini Anda bisa mendapatkan backlink secara gratis dari web yang relevan dengan Anda. Kita ambil contoh Anda membuat Review Jilbab by “nama artis”, Artikel ini akan sangat bermanfaat untuk beauty blogger, ataupun brand yang sejenis dengan bisnis Anda, bisa jadi situs Anda dijadikan rujukan dalam blogpost mereka kedepannya.

Technical SEO

Seperti Namanya, technical SEO lebih banyak berhubungan dengan hal hal yang berbau teknis, beberapa yang paling penting seperti apakah struktur web Anda sudah sesuai dengan Google Guidelines, seperti penetapatan Robot.txt, sitemap.xml, penerapan meta pada tiap page, dan banyak lainnya. Untuk tahap analisis technical SEO Anda bisa menggunakan Google Search Console, atau Ahrefs Webmaster Tools, ataupun Site Audit dari Ubersuggest. Untuk poin Audit Web, selanjutnya akan kami bahas pada artikel terpisah agar lebih lengkap.

Seberapa Sukses SEO Anda?

Pada tahap ini, Anda harus memiliki pemahaman yang cukup baik tentang SEO, seperti yang telah kami jelaskan dari awal hingga tahap technical SEO. Lantas bagaimana mengukur seberapa sukses SEO pada web Anda? Seperti yang kami katakana sebelumnya, bahwa Goals dari SEO adalah menciptakan organik trafik sebanyak mungkin dari search engine. Untuk mengukur seberapa banyak trafik organik pada web Anda, salah satu yang paling popular dan bisa Anda gunakan adalah Google Analytics.

Anda dapat mengetahui seberapa banyak trafik organik pada web Anda dengan mengakses :

Akuisisi > Semua Saluran > Lalu Lintas > Pencarian Organik

mengukur efektifitas SEO

Jika trafik Anda mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelum Anda mengaktifkan SEO, bis akita pastikan SEO Anda mulai berhasil dan berada dijalan yang benar.

Selain poin trafik, indikator lain yang bisa Anda jadikan patokan adalah keyword Position, Anda bisa menggunakan tools gratis seperti SERP Robot untuk mengetahui Anda berada di page berapa untuk keyword yang Anda targetkan. Selain itu, Anda bisa memeriksanya secara manual di Google dengan mengetikkan keyword yang telah Anda targetkan.

Tools Pendukung SEO [Gratis]

Ada banyak tools diluar sana, tetapi kebanyakan berbayar, untuk phase ini, jika Anda masih memiliki keterbatasan dalam budget, Anda bisa menggunakan beberapa tools dibawah ini untuk mulai melakukan aktivasi SEO pada bisnis Anda.

  1. Tools Riset Keyword
    Google Keyword Planner
    Ahres Keyword Generator
    Ubersuggest Keyword Ideas
  2. SEO On Page
    – Yoast SEO
    – Rankmath SEO
    – Google Search Console
    – Ahrefs Webmaster Tools
  3. Backlink Building
    – Ahrefs Backlink Tools
    – Ubersuggest Backlink Analysis
    – Haro
  4. SEO Technical
    – ZeLab Site Audit
    – Google Search Console
    – Ubersuggest Site Audit
    – Ahrefs Webmaster Tools

Kesimpulan

SEO merupakan hal yang bisa Anda pelajari, kuncinya adalah seberapa konsisten Anda dalam mengoptimasi page yang Anda miliki, karena SEO bukanlah sesuatu yang dapat Anda selesaikan dalam jangka pendek, dalam SEO kita berbicara tentang seberapa sabar dan konsisten kita merawat Web yang kita miliki. 4 poin diatas merupakan dasar yang bisa Anda kembangkan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Selamat mengoptimasi SEO, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk menanyakan via kolom komentar.

Share this article:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
LinkedIn

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *