Sudah bukan rahasia lagi jika menggunakan Google Analytics merupakan langkah jitu dalam optimasi SEO untuk website. Lantas, apakah Anda sudah tahu cara menggunakan Google Analytics?
Google Analytics dengan segala fiturnya, akan membantu pemilik bisnis seperti Anda untuk memantau perkembangan website, mengetahui jumlah pengunjung, mengalinis campaign, hingga mencari tahu penyebab masalah dalam situs Anda.
Beragam informasi detail di atas, akan semakin memudahkan Anda dalam mengoptimasi website agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, masuk ke page pertama dan pastinya kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak trafik yang kemudian membawa produk Anda lebih dekat kepada target audiens.
Untuk menuntaskan rasa penasaran Anda mengenai SEO tools dari Google ini, berikut kami rangkum penjelasan lengkap cara menggunakan Google Analytics untuk website Anda.
Istilah penting di Google Analytics yang perlu Anda ketahui
- Accounts : Akses poin menuju layanan Google Analytics. Anda harus memiliki setidaknya satu akun untuk menggunakan Google Analytics.
- Properties : Istilah untuk website atau aplikasi seluler, atau device yang matriksnya dipantau dari Google Analytics
- Tracking ID : Kode khusus dari tiap properti yang nantinya akan dilacak oleh Google Analytics.
- Traffic Source : Menunjukkan asal trafik website. Apakah berasal dari mesin pencari, tautan situs lain, rujukan, media sosial, iklan, hingga email.
- Bounce Rate : Jumlah pengunjung pengunjung yang hanya melihat satu halaman lalu keluar.
- Session : Berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs Anda.
- Segment : Istilah yang merujuk pada filter data menurut kategori dan jenis pengunjung.
- Keyword : laporan mengenai kata penelusuran atau keyword yang digunakan untuk menemukan website Anda di mesin pencari.
- Conversion : memberi tahu Anda tentang jumlah pengunjung yang melakukan aksi lanjutan dengan menjadi pembeli, berlangganan newsletter, dan pelanggan sebenarnya.
- Acquisition : mengungkap data mengenai dari mana pengunjung menemukan website Anda.
Cara Menggunakan Google Analytics
Sejak 2020 lalu, Google Analytics telah memiliki versi baru yang dinamai Google Analytics 4, sementara versi lawas dikenal dengan sebutan Universal Analytics.
Pembaruan ini mengakibatkan adanya sejumlah perbedaan antara versi lama dan baru. Untuk itu, beberapa fitur di bawah ini akan dijelaskan berdasarkan versi Google Analytics 4 dan Universal Analytics.
Sebelum mengintegrasikan Google Analytics ke website, Anda perlu membuat akun di Google Analytics. Berikut caranya:
- Akses google.com/analytics
- Klik “Mulai Secara Gratis”
- Setelah akun berhasi dibuat, masuk ke akun Anda dengan klik “Masuk ke Analytics”.
Setelah memiliki akun dan menginstallnya pada website Anda, langkah selanjutnya adalah membaca data yang disajikan Google Analytics. Jangan lupa untuk menggunakan Google Analytics Audit dari Zelab untuk memastikan Google Analytics yang terinstall dengan benar.
Sebagai permulaan, kami akan membahas 5 cara membaca Google Analytic. Meski tidak jauh dari keseluruhan data, namun lima aspek dasar ini akan sangat membantu Anda mendapatkan insight tentang performa website Anda.
1. Realtime
Menu Realtime digunakan untuk mengetahui detail informasi mengenai metrik realtime website yang meliputi:
– Jumlah pengunjung website secara realtime
– Pembagian user berdasarkan device yang digunakan
– Pageview per detik dan per menit
– Top referral, top social traffic, top keyword, top location, dan top active pages.
2. Traffic Source
Traffic source atau sumber trafik berguna untuk mengetahui dari mana pengunjung website Anda menemukan website Anda. Ada banyak cara untuk bisa mengakses sebuah situs: lewat mesin pencari, rujukan atau tautan website lain, iklan, hingga media sosial.
- Universal Analytics
Untuk mengetahui sumber trafik pada versi Universal Analytics:
klik Acquisition > All Traffic > Channels
- Google Analytics 4
Sementara untuk versi terbaru atai Google Analytics 4 adalah:
Klik Acquisition > Traffic acquisition > Table
Lewat traffic source, Anda juga akan mengetahui jenis dari trafik itu sendiri, apakah organik, rujukan, atau berbayar. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:
- Organic : trafik yang berasal dari hasil mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau lainnya.
- Direct : trafik yang berasal dari URL diketikkan di kotak mesin pencarian.
- Social : trafik yang berasal dari media sosial
- Referrals : trafik yang merupakan rujukan dari website atau channel lain.
- Paid search : trafik yang berasal dari iklan
Ada juga sumber email yang didapatkan dari lampiran URL situs di email marketing atau newsletter.
3. Prospect Demographics
Fitur Audience yang tersedia di Universal Analytics, akan membantu Anda mengetahui secara detail informasi mengenai demografi, lokasi, hingga interest dari pengunjung situs Anda.
Demografi digunakan untuk mengetahui umur dan jenis kelamin pengunjung, Geo untuk mengetahui lokasi dan bahasa yang digunakan, sementara Interest digunakan untuk mencari tahu ketertarikan pengunjung terhadap suatu topik.
- Universal Analytics
Berikut cara mengakses fitur demografi audiens untuk tahu usia dan jenis kelamin pengunjung website bila menggunakan Universal Analytics:
Klik Audience > Demographics > Age
- Google Analytics
Sementara jika menggunakan Google Analytics, informasi mengenai demografi terletak pada menu tersendiri bernama Demographics, bukan Audience. Berikut cara mengaksesnya:
Menu Sebelah Kiri > User > Demographics > Demographic details
Lewat bagian Demographic details, Anda dapat akan mendapatkan informasi mengenai lokasi dan device yang digunakan oleh pengunjung.
4. Audience Behavior
Google Analytics juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui interaksi pengunjung dengan website seperti apa yang dilakukan pengunjung di situs Anda, apa yang mereka klik.
Fitur tersebut bernama Behaviour di Universal Analytics. Sementara di Google Analytics 4 bernama Engagement.
- Universal Analytics:
Berikut cara mengakses menu Behavior untuk mengetahui apa yang pengunjung lakukan di situs web Anda.
Klik Behavior > Behavior flow
- Google Analytics 4:
Dengan mengakses Engagement, Anda akan mendapatkan data mengenai page views, engangement session star, hingga first visit.
Klik Engagement > Events
5. Overall traffic
Menu overall traffic atau semua trafik menunjukkan seberapa populer suatu website dengan mengetahui data seberapa banyak website tersebut dikunjungi dalam kurun waktu tertentu.
Berikut cara untuk mengakses data overall traffic:
Acquisition > All Traffic
Menu All Traffic terdiri dari Channel, Treemaps, Source/Medium, dan Referrals, yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi detail trafik situs website Anda.
Setelah membaca penjelasan mengenai Google Analytics di atas, Anda tentu setuju jika tools SEO yang satu ini akan memberikan banyak insight untuk Anda dalam menentukan keputusan apa yang seharusnya Anda lakukan untuk website Anda, dengan tujuan untuk mendapatkan trafik lebih untuk meningkatkan konversi.
Itulah cara menggunakan Google Analytics untuk website Anda. Untuk yang pertama kali menggunakan Google Analytics mungkin kesannya sedikit sulit, tapi percayalah, tools ini sangat bermanfaat untuk bisnis Anda untuk mendapatkan banyak insight dengan memahami sejumlah aspek dasar yang telah dijelaskan di atas. Bagi yang penasaran dengan unsur atau cara membaca data lainnya di Google Analytics, jangan ragu untuk menanyakan di kolom komentar Zelab ya!
2 Responses