cara jualan di grabfood, cara jualan di shopeefood, cara jualan di grabfood, tips jualan di grabfood, tips jualan gofood

Panduan Lengkap untuk UMKM Cara Jual Produk di GrabFood, GoFood & Shopeefood

Contents

Diupdate tanggal 11 February, 2022

Bergabung menjadi merchant atau mitra jasa delivery dan pemesanan makanan online bisa memperluas jangkauan bisnis dan membuat usaha Anda makin cuan. Jika Anda tertarik, kini saatnya memahami cara jual produk di GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood. 

GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood, merupakan layanan pesan antar makanan yang populer di Indonesia. Platform online besutan Grab, Gojek, dan Shopee ini, memudahkan para pemilik bisnis kuliner, khususnya pelaku UMKM untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Menjual produk di GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood bisa jadi cara jitu untuk menjajakan produk sekaligus mendapatkan pelanggan, di tengah situasi pandemi, di mana orang-orang cenderung membatasi mobilitas mereka. 

Agar bisnis Anda semakin laris, Anda juga perlu memahami dan menerapkan strategi optimasi sehingga produk yang dijual lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Pasalnya, pelaku bisnis yang menjajakan produknya di platform pesan antar makanan online tidaklah sedikit. Lantas, bagaimana membuat produk Anda lebih stand out dibandingkan yang lain? 

Untuk lebih jelasnya lagi, simak panduan lengkap untuk UMKM cara jual produk di GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood berikut ini.

Cara Jual di Grabfood, Gofood & Shopeefood

Untuk bisa berjualan di tiga platform ini, Anda perlu mendaftarkan dengan mencantumkan data diri dan detail informasi usaha Anda. Berikut syarat dan cara daftarnya:

1. GrabFood

cara jualan di grabfood, cara mendaftar di grabfood, tips jualan di grabfood

Syarat jual produk di GrabFood:

– Fotokopi e-KTP pemilik usaha

– Foto selfie memegang KTP

– Foto NPWP asli

– Foto buku rekening tabungan atau tampilan e-banking

– Foto daftar menu produk yang akan dijual di GrabFood lengkap dengan harga di aplikasi

– Foto produk yang akan dijual di GrabFood

– Foto logo restoran (jika ada)

– Foto resto tampak luar dan dalam

Cara membuat akun GrabFood:

– Buat profil bisnis di formulir merchant GrabFood melalui link berikut https://www.grab.com/id/merchant/food/

– Input informasi seperti nama bisnis, alamat bisnis, nomor handphone, dan alamat email

– Tunggu verifikasi dari pihak Grab. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan email verifikasi

– Lengkapi informasi bisnis atau restoran seperti mengunggah foto restoran dan foto menu. Kirim detail informasi bisnis melalui email yang telah diberikan oleh Tim GrabFood

– Lakukan penandatanganan kontrak yang akan dikirimkan melalui email oleh Tim GrabFood

– Verifikasi email toko atau restoran

– Melakukan pendaftaran dan verifikasi OVO

– Setelah seluruh proses di atas berjalan sukses, Anda akan menjalani training sebelum memulai berjualan di GrabFood 

2. GoFood

cara jualan di gojek gofood, tips jualan di gojek gofood, jualan di gojek gofood, laku jualan di gojek gofood

Syarat jual produk di GoFood:

– Download aplikasi GoBiz melalui smartphone melalui link berikut Gobiz Gojek

– Daftar GoBiz 

– Input identitas pemilik dengan mengisi data sesuai KTP

– Unggah selfie sambil memegang KTP

– Input informasi rekening bank dengan memasukkan data nama dan nomor rekening

– Klik opsi verifikasi

– Isi informasi usaha dengan menginput nama dan detail lokasi bisnis Anda

– Lengkapi informasi outlet 

– Setelah mengisi semua data, Anda tinggal menunggu verifikasi oleh tim GoFood selama 2 hari

– Setelah verifikasi, tunggu proses aktivasi akun GoFood dengan rentang waktu maksimal 14 hari kerja.

3. ShopeeFood

cara jualan di shopeefood, tips jualan di shopefood, jualan laku di shopeefood, cara mendaftar di shopeefood

Syarat jual produk di ShopeeFood:

Bisnis perorangan/individual

– Kartu identitas pemilik usaha (KTP/KITAS)

– Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)

– NPWPD

– Foto buku tabungan pribadi

Bisnis yang telah terdaftar di badan hukum

– Kartu identitas (KTP/KITAS)

– Surat keterangan domisili

– SIUP atau TDUP 

– NPWP

– TDP atau NB

– Akta pendirian usaha

– Foto buku tabungan

Cara daftar ShopeeFood

– Akses formulir pendaftaran ShopeeFood melalui link berikut : Daftar Shopeefood

– Input alamat email dan nomor handphone

– Isi detail informasi lokasi dan alamat bisnis

– Lengkapi informasi pribadi dan jenis bisnis

– Isi bagian kategori bisnis

– Isi bentuk bisnis

– Unggah foto toko atau outlet tampak depan dan bagian produksi kuliner

– Konfirmasi pendaftaran dengan klik opsi “Ya” lalu “Kirim”

Strategi optimasi agar makin cuan

Setelah berhasil mendaftar ke tiga platform pesan antar makanan tadi, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimasi cara berjualan Anda agar produk Anda lebih menonjol di tengah persaingan ketat di GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood. 

1. Gunakan kata kunci di nama restoran

Calon pembeli biasanya akan mengetikkan nama makanan yang mereka inginkan di kotak pencarian. Agar produk lebih terlihat oleh calon pembeli, Anda perlu menambahkan kata kunci di nama restoran.

Contohnya, Anda memiliki kedai bernama Raos Echo yang menjual mie ayam. Untuk itu, Anda perlu menambahkan menu tersebut ke nama restoran Anda di aplikasi, yakni menjadi Mie Ayam Raos Echo. Semakin spesifik, semakin mudah produk Anda ditemukan oleh calon pembeli. 

2. Deskripsikan produk dengan menarik 

Tampilan menu yang ada di aplikasi GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood merupakan etalase toko Anda. Karenanya, Anda harus mendeskripsikan sebaik mungkin tentang produk Anda agar pembeli tertarik untuk menambahkannya ke keranjang pemesanan. 

Deskripsikan dengan singkat namun jelas tentang bahan dan rasa makanan atau minuman Anda. Lengkapi dengan foto asli yang diambil dengan pencahayaan terang agar setiap detail produk Anda terlihat di menu aplikasi. 

3. Promo diskon

Gaet lebih banyak konsumen dengan memberikan promo diskon, utamanya bagi Anda yang baru saja bergabung sebagai mitra GrabFood, GoFood, maupun ShopeeFood. Tujuannya, agar calon pembeli tertarik untuk mengenal produk Anda. 

Selain memberikan potongan harga sendiri, Anda juga bisa mengikuti program diskon maupun voucher yang biasanya disediakan oleh ketiga platform pesan antar makanan tersebut. 

4. Pelayanan yang cepat dan tepat 

Di aplikasi GrabFood dan GoFood, pembeli bisa memberikan rating bagi restoran. Hal ini bisa jadi acuan bagi konsumen lain untuk menjatuhkan pilihan. 

Untuk bisa mendapatkan rating bagus, tingkat kelezatan makanan saja tidak cukup. Anda perlu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, agar konsumen puas dan mau mengulangi pembelian di kemudian hari. 

5. Update stok secara berkala

Lakukan update stok ketersediaan produk secara berkala, apalagi bagi Anda yang juga berjualan secara offline, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pemesanan. 

Jangan sampai pembeli memberikan rating jelek karena kecewa usai mendapati makanan atau minuman yang telah dipesan, ternyata tidak tersedia. 

Menjajakan produk di platform pesan antar makanan online juga memerlukan pendekatan khusus tersendiri agar bisa semakin laris. Strategi tersebut haruslah berfokus pada kepuasan pelanggan dan mengusahakan bagaimana produk Anda terlihat di menu pencarian aplikasi.

Ekstra Tips Dapatkan Cuan Lebih untuk UMKM

Ekstra tips dari Zelab bisa Anda lakukan untuk mendapatkan cuan lebih dari bisnis kecil-kecilan Anda.

1. Manfaatkan Google My Business

Manfaatkan fitur gratisan dari Google ini untuk bisnis Anda, daftarkan usaha Anda di Google My Business, Pin lokasi bisnis Anda pada Google Map untuk memudahkan calon pelanggan Anda datang ke toko fisik Anda.

2. Gunakan Channel Social Media

Mungkin beberapa dari teman-teman sekalian sudah melakukan ini, tapi masih sedikit juga yang belum Aware dari penggunaan Social Media sebagai sarana untuk komunikasi dengan Calon Pelanggan. Gunakan Platform Instagram dan juga Whatsapp my Business untuk hal ini. Jadikan kedua Tools ini sebagai alat untuk mengkomunikasikan produk-produk Anda, atau Tools untuk mempromosikan produk-produk Anda.

3. Mulai Gunakan Wesbite untuk Identitas Online Anda

Jika Anda memiliki budget lebih untuk pemasaran produk Anda, tidak ada salahnya mulai melangkah ke pembuatan Website sebagai profil Anda di media Online dan mulai pelan pelan mengoptimasi SEO pada Website Anda dan mulai mengintegrasikan semua channel jualan Anda (Grabfood, Gofood, Shopeefood) Social Media pada satu tempat dan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak trafik melalui Search Engine.

Semoga panduan lengkap untuk UMKM cara jual di GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood di atas membuat bisnis UMKM Anda semakin cuan. Jika ada pertanyaan terkait tips-tips yang Zelab tulis diatas, jangan sungkan untuk memberikan komentar atau kontak kami secara langsung.

Share this article:
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *